Monday, June 23, 2014

Mazda: Kami Belum Dapat Informasi Soal Recall Airbag

Mazda: Kami Belum Dapat Informasi Soal Recall AirbagSolo - Pemasok kantung udara (airbag) terbesar di dunia, Takata belum lama ini diinvestigasi oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Investigasi itu dilakukan karena airbag yang diproduksinya mengalami masalah.

Banyak pabrikan mobil yang menggunakan airbag dari Takata, salah satunya Mazda. Lalu, bagaimana dengan mobil Mazda yang ada di Indonesia?

Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Astrid Ariani Wijana mengatakan, untuk masalah airbag dari Takata yang ada di mobil Mazda yang dijual di Indonesia pihaknya belum mendapatkan informasi dari pihak prinsipal terkait recall airbag tersebut.

"Di Indon esia belum dapat notifikasi dari pusat, karena akan sangat tergantung pada basis produksi, jadi setiap plant punya supplier airbag sendiri-sendiri," kata Astrid kepada detikOto di sela-sela acara Mazda Liventure Journey di Solo, Jawa Tengah, Senin (23/6/2014).

Lanjut Astrid, masing-masing pabrik mobil Mazda tidak hanya menggunakan airbag dari merek Takata. Ia juga belum mengetahui pasti apakah mobil Mazda yang dijual di Indonesia ada yang menggunakan airbag Takata atau tidak.

"Supplier-nya banyak banget tidak hanya 1, untuk yang di Indonesia juga saya belum tahu, tapi jika memang ada pasti pihak pusat sudah memberikan informasi sejak awal," katanya lagi.

Seperti dikutip Reuters, Mazda dan pabrikan Jepang lain seperti Honda dan Toyota menarik jutaan mobil karena masalah pada airbag yang diproduksi Takata. Total ada 10,5 juta mobil yang harus ditarik antara lain Honda 2,013 juta, Nissan 755.000 unit, Mazda 159.807 unit.

Takata sendiri sudah menyatakan siap bertanggung jawab pada perusahaan mobil asal Jepang. Takata sudah melayangkan surat pemberitaan pada National Highway Traffic Safety Administration tanggal 11 Juni silam.

Mereka menyebutkan siap bertanggung jawab melakukan penggantian inflator kantong udara sisi pengemudi yang dibuat mulai 1 Januari 2004 sampai 30 Juni 2007 dan serta inflator sisi penumpang yang dibuat antara Juni 2000 dan 31 Juli 2004.

Selain Honda dan Toyota, Takata mengatakan juga telah memasok inflator pada perusahaan BMW, Chrysler, Ford Motor Co, Mazda Motor Corp, Nissan Motor Co.

0 comments:

Post a Comment