Thursday, August 7, 2014

Berapa Konsumsi Motor Skutik Saat Dibawa Mudik?

Berapa Konsumsi Motor Skutik Saat Dibawa Mudik?Jakarta - Otolovers, dua tim detikOto beberapa waktu lalu melakukan perjalanan mudik menggunakan motor skutik melalui jalur Pantura. Selain menguji performa mesin dan suspensinya, detikOto juga mengulas konsumsi bahan bakar minyak skutik itu.

Dari hasil uji coba sejauh 234,3 km dari Jakarta ke Cirebon, skutik yang dikendarai detikOto, Yamaha X-Ride ternyata membutuhkan 5,9 liter bahan bakar minyak. Artinya konsumsi BBM Yamaha X-Ride adalah 1 liter untuk menjangkau jarak 39,7 km.

Dalam uji coba ini kami menggunakan metode full to full. detikOto mulai mengisi penuh tangki BBM dari Kalimalang, Jakarta Timur dan skutik diarahkan ke Cirebon, Jawa Barat sampai bahan bakar minyak di tangki habis.

Sebelum keberangkatan odometer 3.258,4. Dan odometer setelah bensin habis 3.494,7. Skutik Yamaha-X-Ride menempuh perjalanan sejauh 234,3 km.

Nah, tidak ada perlakuan secara khusus. detikOto berkendara seperti pemudik lainnya dengan kecepatan bervariatif. Bahkan skutik Yamaha X-Ride sempat menyentuh kecepatan 100 km/jam.

Dalam perjalanan pulang kampung, skutik offroad andalan Yamaha itu melintasi jalan mulus, rusak, bergelombang dan berlumpur. Tak jarang skutik dibawa 'stop and go' ketika terjebak di kemacetan di ruas jalan Pantura, sehingga membutuhkan lebih banyak bensin. Jika kondisi jalan lancar selongsong gas diputar sampai mentok.

Dari hasil uji coba, skutik menawarkan nilai fungsional terbaik. Untuk pulang kampung kendaraan ini sangat ok karena postur tubuhnya cukup tinggi dan cocok untuk medan semi offroad.




0 comments:

Post a Comment