Wednesday, September 24, 2014

Bagaimana Prospek Industri Otomotif di Masa yang Akan Datang?

Bagaimana Prospek Industri Otomotif di Masa yang Akan Datang?Jakarta - Setiap tahunnya industri otomotif di Indonesia terus menunjukan perkembangan yang baik. Kedepannya diperkirakan juga akan semakin 'seksi' bahkan di skala ASEAN, industri otomotif Indonesia akan tetap tumbuh signifikan.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Manager Asia Research Dept, FOURIN Toru Nakata, dalam acara The 9th Indonesia International Automotive Conference di Hotel Holiday In, Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/9/2014).

"Market Indonesia akan besar setelah tahun 2014. Pertumbuhannya akan sangat baik dari tahun ke tahun," kata Nakata dalam persentasinya.

Menurutnya, industri otomotif di ASEAN pada tahun 2020 akan mencapai 5 juta hingga 5,5 juta unit. Thailand akan menyumbangkan penjualan sebesar 1,5 juta hingga 1,6 juta unit, Indonesia akan mendekati Thailand.

"Untuk Filipina dan Vietnam akan tetep tumbuh di masa yang akan datang, tapi akan tetap berada di bawah Thailand dan Indonesia," katanya lagi.

Ia melanjutkan, di pasar otomotif ASEAN, Thailand masih menduduki posisi pertama, Indonesia kedua, setelah itu Malaysia, Filipina dan terakhir Vietnam. Ke depannya juga akan tetap seperti itu, tapi Indonesia dan Thailand akan terus bersaing.

Tak hanya itu, ke depannya ia juga memprediksi Indonesia akan mendapatkan lebih banyak lagi investor di bidang otomotif. Para pabrikan mobil melihat pasar domestik di Indonesia akan terus tumbuh dan untuk ekspornya juga akan cenderung meningkat

Untuk Thailand juga demikian, karena Thailand didukung dengan industri otomotif yang kuat serta pemerintah yang cenderung mendukung dengan insentif-insentifnya.

"Bayangkan saja Thailand memiliki kurang lebih sekitar 30 pemasok dan R&D asal Jepang, sementara di Indonesia sangat sedikit," tuntasnya.


0 comments:

Post a Comment