Wednesday, September 24, 2014

Shell: Makin Canggih Mesin, Olinya Harus Full Sintetis

Shell: Makin Canggih Mesin, Olinya Harus Full SintetisJakarta - Teknologi mesin kendaraan sekarang kian canggih, hal itu harus dibarengi dengan pemilihan pelumas yang benar. Mobil-mobil modern yang menggunakan turbo, supercharger, DOHC dan lainnya memerlukan pelumasan yang lebih baik sehingga produsen banyak menyarankan penggunakan pelumas sintetis.

"Kenapa? Karena pada mesin dengan spesifikasi tinggi diperlukan pelumas sintetis penuh (full sintetis). Komponen mesin yang dibuat dengan tingkat presisi tinggi tidak lagi memerlukan adaptasi antara komponennya sehingga berbeda dengan pelumas mineral biasa," ujar General Manager Marketing Shell Lubricants Indonesia Dian Andyasuri, Kami s(25/9/2014).

Ia juga menambahkan bahwa produsen mesin mobil saat ini banyak merekomendasikan penggunakan pelumas full sintetis karena kemampuan pelumas sintetis dalam membersihkan dan melindungi mesin dalam berbagai situasi seperti kondisi macet, cuaca ekstrem, atau perjalanan jauh dengan membawa beban yang berat.

Edward Satrio, Brand and Marketing Communication Manager Shell Lubricants Indonesia menjelaskan kelebihan pelumas full sintetis yaitu tingkat kemurnian dan kualitasnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelumas mobil berbasis minyak bumi.

Pelumas sintetis biasanya diproduksi dari minyak bumi atau gas cair dengan menggunakan proses kimia terkini. Struktur molekul dan sifatnya dapat dikontrol dan dibuat memenuhi kebutuhan mesin modern.

Saat ini ada dua tipe pelumas sintetis, yaitu pertama: sintetis penuh (full sintetis) yang menggunakan bahan dasar sintetis 100% untuk mencapai tingkat kinerja tertinggi dibandingkan dengan penggunaan pelumas mineral dan teknologi sintetis. Kedua, teknologi semi sintetis, yang menggunakan minyak mineral dan sintetis untuk meningkatkan kinerja dibandingkan dengan penggunaan minyak mineral konvensional.

Beberapa keunggulan pelumas sintetis menurut Edward adalah, pelumas sintetis lebih stabil pada temperatur (suhu) tinggi sehingga memiliki kadar penguapan yang rendah, mampu mengendalikan atau mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin, melumasi dan melapisi logam lebih baik sehingga mencegah terjadinya gesekan antar logam yang berakibat kerusakan pada mesin.

Selain itu, pelumas sintetis juga lebih awet terhadap oksidasi, menjaga mesin lebih dingin (mengurangi gesekan) dan mampu membersihkan mesin dari kerak.


0 comments:

Post a Comment