Monday, September 8, 2014

Mobil-mobil Para Pembantu Presiden

Mobil-mobil Para Pembantu PresidenJakarta - Pemerintahan SBY berbelanja mobil Mercy untuk para menteri kabinet Jokowi. Ini adalah merek baru setelah sebelumnya presiden-presiden era Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki gaya sendiri dalam menentukan jenis mobil dinas pilihannya. Merek Amerika, Eropa hingga Asia pernah menjadi langganan kabinet pemerintahan RI.

Berikut jenis mobil dinas yang digunakan para pembantu presiden sejak awal kemerdekaan hingga sekarang:

Dodge Dart di Era Soekarno

Pada masa pemerintahan Soekarno, para menteri difasilitasi mobil dinas buatan Amerika Serikat jenis Dodge Dart 63 dengan mesin berkapasitas minimal 2.800 cc. Pejabat yang menggunakan mobil ini adalah golongan menteri, perdana menteri dan wakil perdana menteri.

Pada tahun 1960-1976 divisi Dodge Chrysler Cooporation mempoduksi Dart. Awalnya Dart diperkenalkan sebagai kendaraan berharga murah. Pada 1960 Dart diproduksi dengan ukuran lebih pendek dan terus dikembangkan hingga menjadi mobil berukuran kompak pada tahun 1963-1976.

Soeharto Pilih Volvo

Presiden terlama Indonesia, Soeharto, memilih mobil buatan Swedia, Volvo, untuk tunggangan para menterinya. Sejak 1978, para pembantu presiden ini bisa menikmati mobil Volvo seri 264 GL untuk menunjang kinerja di pemerintahannya. Volvo jenis ini memiliki kesan eksklusif dan mewah, tampilannya klasik dan elegan. Seri ini merupakan pengembangan dari 264 DL yang didesain Jan Wilsgaard.


0 comments:

Post a Comment