Wednesday, November 12, 2014

10 Persen Saham Ferrari Bisa Dimiliki Masyarakat Umum

10 Persen Saham Ferrari Bisa Dimiliki Masyarakat UmumMaranello - Siapa yang mau membeli saham dari pabrikan mobil super asal Italia, Ferrari? Setelah Chairman Ferrari Luca Cordero di Montezemolo menyatakan mundur, kini saham perdana (IPO) Ferrari bakal dilepas untuk masyarakat luas.

Dilansir laman Reuters, Rabu (12/11/2014) Chief Executive Officer Fiat Chrysler Automobiles (FCA) Sergio Marchionne selaku prinsipal Ferrari menjelaskan saham pertama Ferrari akan mulai dibuka pada kuartal kedua atau ketiga tahun 2015 mendatang.

Lanjut Marchionne, pihaknya berencana untuk menjual 10 persen saham kepemilikan. Sisanya, yakni 90 persen akan tetap dikuasai oleh FCA dan didistribusikan kepada pemegang saham sebelumnya.

Penjualan 10 persen saham ini dilakukan untuk memperkuat modal perusahaan, salah satunya dengan penerbitan obligasi sebesar US$ 2,5 miliar.

Dengan begitu diharapkan bisa mengurangi beban hutang perusahaan dan membantu untuk menjadikan FCA sebagai produsen otomotif terbesar ke-7 di dunia.

Dengan menjual saham 10 persen itu, nantinya juga modal FCA selaku prinsipal Ferrari akan meningkat 20 persen. Rencananya, untuk menarik minat, pada akhir tahun ini akan dilakukan promosi di Amerika Serikat (AS).


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment