Wednesday, November 12, 2014

Pamor Mobil Sport Melorot?

Pamor Mobil Sport Melorot?Washington - Bayerische Motoren Werke (BMW) meyakini bahwa mobil sport adalah salah satu simbol kemakmuran dan prestasi dari seseorang. Seiring dengan krisis keuangan global, penjualan mobil ini telah menurun. Akankah pesona mobil melorot?

"Pasar mobil sport (saat ini) kira-kira tinggal setengah. Pasca-2008, penjualan mobil ini telah melorot. Saya yakin itu tidak akan sepenuhnya pulih," tutur Chairman BMW, Ian Robertson, saat wawancara dengan Bloomberg seperti dikutip laman Left Lane News, Rabu (12/11/2014).

Data lembaga penelitian asal Amerika Serikat, IHS Automotive, menunjukkan sebelum krisis keuangan 2007, penjualan roadster BMW Z4, Audi TT, dan Mercedes Benz SLK mencapai 114.000 unit. Tetapi pada tahun ini diperkirakan hanya 72.000 unit di seluruh dunia.

"Lambatnya pemulihan ekonomi (setelah krisis) di Amerika Utara dan Eropa cenderung menjadi penyebab penurunan tersebut," kata Robertson.

Kondisi itu semakin diperparah oleh melorotnya permintaan di Tiongkok dan sejumlah negara berkembang lainnya. Sementara untuk membuka pasar baru bukanlah perkara mudah.

"Maklum mobil-mobil konvertibel alias atap buka tutup tidak cocok untuk wilayah yang lingkungannya tidak bagus atau (udaranya) tercemar," ucap Robertson.

Penurunan penjualan mobil sport mewah itu juga dikarenakan adanya pergeseran selera masyarakat. Kini masyarakat lebih suka mobil SUV atau Croossover kecil. Selain harganya lebih miring, mobil tersebut lebih praktis dan efisien.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment