Sunday, November 2, 2014

'Di Jawa, Sekarang Bulan Serem untuk Beli Mobil'

Semarang - Di Jawa Tengah, masyarakat tengah menahan diri untuk membeli mobil. Tak pelak dalam bulan ini angka penjualan mobil pun bahkan sampai turun 10 persen. Kenapa begitu?

Rupanya ini terkait dengan budaya di Jawa. Di bulan Muharram atau Suro seperti ini, orang sering menahan diri untuk membuat keputusan yang besar, karena khawatir berakibat jelek di masa depan.

"Kalau nikah di bulan ini katanya bakal ribut terus, pindah-pindah rumah jarang, beli mobil itu juga jarang. Berat sekali kalau jualan mobil di bulan Suro," ujar Operation Manager Wilayah Utara Nasmoco Pribadi Dian Nurcahya atau yang akrab disapa Anung.

Bagi masyarakat Jawa mereka masih memegang erat adat istiadatnya, begitu pula soal membeli mobil. Mereka biasanya menunggu hari yang baik untuk membeli mobil.

"Sekarang bulan Suro, mereka mengerem pembelian mobil sampai 10 persen dibanding bulan lalu," ujar pria berkaca mata ini.

Untuk menyikapi turunnya penjualan mobil ini, Nasmoco setelah bulan Suro berakhir akan langsung menggenjot berbagai promo. Sehingga target mereka yang bisa menjual 29.000 kendaraan sampai akhir tahun tercapai.

"Berbagai kegiatan akan kita pancing sehingga setelah bulan Suro nanti, penjualan bisa up lagi," ujarnya.


0 comments:

Post a Comment