Sunday, November 2, 2014

Riset: Banyak Pengendara Motor yang Tak Paham Cara Ngerem dengan Benar

Riset: Banyak Pengendara Motor yang Tak Paham Cara Ngerem dengan BenarJakarta - Untuk menyesuaikan kondisi dan karakter di Indonesia, pabrikan sepeda motor tentu melakukan riset. Salah satu hasil risetnya adalah ternyata banyak pengendara motor yang tak paham cara mengerem yang betul. Waduh!

Menurut Ketua Umum Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, motor yang diproduksi di Indonesia banyak memakai hasil riset. "Bagaimana sifat-sifat pengendara," katanya akhir pekan lalu.

Tapi, dengan menggunakan teknologi canggih, bukan berarti kecelakaan lalu lintas dapat ditekan maksimal. Sebab, masih banyak pengendara yang belum tahu bagaimana cara mengemudi yang benar.

"Contohnya saja banyak pengendara itu tidak tahu bagaimana caranya ngerem yang benar," tutur Gunadi.

"Yang semacam itu pun harus ada semacam edukasi, di samping ada teknologi-teknologi yang menyebabkan sepeda motor ini semakin aman, semakin lama semakin nyaman," lanjutnya.

Menurut Gunadi, hal seperti itulah yang harus dilakukan industri untuk menjamin agar sepeda motor tidak lagi menjadi masalah bagi pengendaranya.

Agar memenuhi strandar keselamatan berkendara, teknologi-teknologi canggih pun banyak dikembangkan.

Tapi, kata Gunadi, bukan berarti sepeda motor harus menggunakan tekonologi-teknologi yang berlebihan.

"Misalkan saja pengendara (motor) ini harus dikasih airbag, airbag-nya mau ditaruh di mana? Kan enggak bisa," canda Gunadi.


0 comments:

Post a Comment