Sunday, November 2, 2014

Produsen Mobil Tiongkok Ramai-rami Gaet Desainer Asing

Produsen Mobil Tiongkok Ramai-rami Gaet Desainer AsingWuhan - Dalam beberapa tahun lalu, desain mobil-mobil buatan pabrikan lokal Tiongkok kerap menjadi bahan tertawaan kala ikut dalam pameran mobil. Kini, hal itu tak bakal terjadi lagi, sejumlah pabrikan mobil negeri itu mulai ‘mengimpor’ para desainer mobil berbakat demi meningkatkan daya saing.

Seperti dilaporkan laman Autonews, Senin (3/11/2014), saat ini produsen mobil Negeri Tirai Bambu mulai mengubah taktik. “Mereka membawa desianer asing berbakat untuk mendidik para desainer muda yang mereka miliki,” tulis laman itu.

Salah satu pabrikan yang menerapkan strategi itu adalah Zhejiang Geely Holding Group Company. Pabrikan yang juga pemilik baru Volvo itu menggandeng desainer mobil kondang, Peter Horbury.

Perancang mobil asal Inggris itu sejak 2011 lalu didapuk sebagai kepala tim desain Geely. Bahkan 2013 lalu, pabrikan ini meminang Guy Burgoyne dari General Motors untuk mengepalai studio desainnya di Shanghai.

“Dua tahun lalu, benar-benar tidak memiliki departemen desain yang terorganisir. (Pabrikan) ini membeli desain (saat akan memproduksi model tertentu), hampir mirip komoditas,” kata Burgoyne. “(Sekarang) kami mencoba membuat (mobil) berdasar dari para desain berbakat kami,”

Saat ini Geely memiliki 100 orang desainer di Pusat Desain Shanghai. Dari jumlah itu 18 orang diantaranya adalah desainer asing, termasuk Burgoyne.

Cara yang sama ditempuh pabrikan Tiongkok lainnya, Chery. Pabrikan ini telah menggaet 5 orang desainer asing dari berbagai pabrikan mobil kelas dunia.

Seperti halnmya Geely, sebagai produsen mobil yang membidik pasar global, Chery juga ingin produk buatannya juga bisa memikat konsumen global. Karena itu, tampilan adalah hal yang penting. Kini Chery telah menjual mobil buatannya di lebih dari 60 negara di dunia.


0 comments:

Post a Comment