Monday, November 17, 2014

Honda Kenalkan Mobil Hidrogen

Honda Kenalkan Mobil HidrogenTokyo - Sehari menjelang peluncuran mobil hidrogen Toyota Mirai, Honda bergegas memperkenalkan mobil hidrogen model baru. Honda memperkenalkan konsep kendaraan berbahan bakar sel atau fuel cell vehicle (FCV) di Jepang.

Konsep ini akan memasuki tahap produksi pada akhir Maret 2016. Konsep ini merupakan evolusi dari konsep FCEV yang ditampilkan di Los Angeles Auto Show tahun lalu.

Dalam situs resminya, Honda mengaku memandang hidrogen sebagai pembawa energi generasi terbaru. Sebab, hidrogen dapat dihasilkan dari berbagai sumber energi yang mudah diangkut dan dapat disimpan.

Dengan begitu, Honda FCV akan menggunakan listrik yang dihasilkan melalui reaksi kimia hidrogen dan oksigen sebagai sumber daya untuk motor.

Menurut Honda, konsep ini juga akan bertindak sebagai penerus dari FCX Clarity. Tapi sel bahan bakarnya 33 persen lebih kecil dibanding FCX Clarity dan akan menghasilkan output lebih dari 100 kW.

Dengan begitu, konsep ini memiliki kepadatan outpun hingga 3,1 kW/L. Honda pun mengklaim, performa FCV secara keseluruhan meningkat sekitar 60 persen.

Dengan tangki hidrogen bertekanan tinggi 70 MPa, FCV dijanjikan mampu menempuh jarak 700 km pada kecepatan normal. Setelah tangki habis, isi ulang penuh hanya memakan waktu tiga menit, waktu yang hampir sama dengan pengisian bensin atau solar biasa.

Honda juga tengah mengembangkan fungsi power feeding eksternal. Fungsi itu bisa mengubah konsep Honda FCV menjadi sebuah pembangkit listrik berjalan dan akan menyediakan listrik jika diperlukan. Misalnya dalam kondisi darurat seperti bencana.

Selain itu, Honda juga akan lebih mempromosikan penerapan Smart Hidrogen Station (SHS), sebuah unit hydrogen station yang mengadopsi electrolyzer bertekanan tinggi asli milik Honda. Dengan cara ini, Honda mengaku akan bekerja menuju masyarakat hidrogen dan berusaha untuk merealisasikan masyarakat bebas CO2.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment