Sunday, November 23, 2014

Ini Cara Berkendara Irit BBM ala Pereli Rifat Sungkar

Ini Cara Berkendara Irit BBM ala Pereli Rifat SungkarJakarta - Menyiasati harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang semakin mahal dan kondisi jalanan yang semakin cara berkendara yang efisien alias eco driving menjadi tuntutan. Untuk mewujudkan cara berkendara seperti itu, tak cukup dengan kondisi mobil yang prima saja, tetapi juga kondisi emosional seseorang.

Adalah pereli kondang Rifat Sungkar yang memberikan tips seperti itu. Menurutnya, kondisi emosional seseorang sangat berpengaruh kepada cara seseorang dalam mengendarai mobil.

“Intinya, mood itu sangat berpengaruh. Jangan mengemudikan mobil pada saat sangat bersedih, sangat bergembira, atau saat marah,” tuturnya saat memberi pembekalan teknik berkendara kepada peserta Mitsubishi Mirage Eco Fun Drive 2014 di Jakarta, kemarin.

Kondisi emosional yang meledak-ledak alias saat marah, akan membuat seseorang tidak bisa berkonsentrasi. Akibatnya, pengendalian mobil juga tidak stabil. Cara rem dan tancap gas secara tak sengaja akan dilakukan.

“Padahal, cara seperti itu selain membahayakan diri sendiri atau orang lain, juga sangat boros bahan bakar,” ucap Rifat.

Dampak yang sama juga ditimbulkan saat mood atau kondisi psikologis seseorang sangat sedih. Bahkan saat sangat bergembira. Luapan kegembiraan, seringkali menjadi orang lepas kontrol termasuk saat mengemudikan mobil.

“Jadi kondisi emosi yang stabil, tenang, itu sangat dibutuhkan agar eco driving bisa diwujudkan,” kata dia.

Sementara soal kondisi mobil, Rifat meminta para pemilik mobil untuk melakukan pengcekan dan perawatan secara rutin. Saringan udara, pelumas, serta tekanan angin ban menjadi bagian yang wajib diperiksa.

“Pelumas harus sesuai spesifikasi mobil. Pelumas selain berfungsi untuk melumasi mesin juga membantu pendinginannya,” ujarnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah cara berkendara. Menjaga jarak dengan kendaraan lain agar tidak melakukan injak rem dan pedal gas terlalu sering, menjaga putaran mesin secara konstan di 1.500 â€Â" 2.000 RPM, mengatur tingkatan suhu AC agar tak membuat berat beban mesin juga harus dipethatikan.

0 comments:

Post a Comment