Thursday, November 27, 2014

Ini Dampak Kenaikan BBM ke Yamaha

Ini Dampak Kenaikan BBM ke YamahaJakarta - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ditetapkan pemerintah dua minggu lalu diakui oleh Yamaha Indonesia bakal membawa dampak tak langsung terhadap kinerja penjualan. Calon konsumen, khususnya segmen entry level, banyak yang menunda pembelian.

"Efeknya tidak secara langsung, kemungkinannya konsumen menunda pembelian khususnya kelas entry level," tutur Asisten General Manager Marketing PT Yamaga Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur, saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Jumat 928/11/2014).

Penundaan niat pembelian itu dikarenakan masyarakat masih berupaya menyesuaikan diri dengan naiknya harga barang-barang akibat meningkatnya inflasi yang dipicu oleh kenaikan harga BBM. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang menata kembali urutan prioritas barang yang akan dibelinya.

Fenomena penundaan pembelian oleh konsumen pada akhir tahun, kata Masykur, sejatinya menjadi fenomena yang biasa. "Sebab mereka umumnya ingin mendapat motor baru pada tahun 2015, dengan alasan selisih harga jual," ucapnya.

Dampak kenaikan harga BBM terhadap penjualan otomotif khususnya sepeda motor bisa terjadi selama 3 bulan atau lebih. Meski begitu, Yamaha optrimistis bakal bisa menyiasati kondisi.

"Alhamdulillah kami mempunyai model baru Blue Core yang akan diluncurkan sebagai kado bingkisan akhir tahun bagi konsumen, semoga penjualan tidak turun," paparnya.

Sementara menyinggung soal harga, Masykur mengatakan hingga saat ini Yamaha belum berniat menaikkan harga jual dengan alasan masih menunggu kenaikan tarif pengiriman yang akan ditetapkan oleh Organisasi Angkutan Darat (Organda).




(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment