Thursday, November 27, 2014

Ini Posisi Tangan dan Kaki yang Benar Saat Bawa Motor

Ini Posisi Tangan dan Kaki yang Benar Saat Bawa MotorKarawang - Posisi beberapa anggota tubuh saat mengendarai sepeda motor sangat menentukan keselamatan berkendara. Posisi tangan, kaki dan posisi duduk harus diatur agar pengendara nyaman dan keselamatan tetap terjaga.

Menurut Instrukutr Safety Riding Main Dealer Honda Jawa Barat PT Daya Adicipta Mustika (DAM), Aldea Henry, posisi tangan saat mengendarai sepeda motor yang benar adalah dengan mengepal di setang. Jangan sampai ada jari tangan yang keluar dari kepalan.

Memang, masih banyak pemotor yang menganggap bahwa beberapa jari yang stand by di tuas rem atau kopling akan bisa menghasilkan reflek yang baik. Tapi sebenarnya itu salah, bahkan bisa menyebabkan kontrol bermotor hilang.

"Kalau tidak menggunakan rem itu, diusahakan tangan mengepal di setang dengan full. Jadi, handling akan full," kata Aldea kepada detikOto akhir pekan lalu.

Aldea melanjutkan, jika sebagian jari stand by di tuas rem, kemungkinan pengendara akan reflek untuk menarik tuas rem itu. Padahal, rem sedang dalam keadaan yang tidak diperlukan. Alhasil, lampu rem di belakang akan menyala dan membuat pengendara di belakang kita kagok.

"Kebanyakan sekarang yang jatuh memakai rem depan (saat menikung) secara reflek karena tangannya stand by di tuas rem. Kalau bisa, tangan lebih baik full di handle (setang) untuk memaksimalkan keseimbangan motor. Karena keseimbangan sepeda motor semuanya ada di setang.

Untuk motor berkopling, jika sedang tidak menggunakan kopling pun tangan kiri seharusnya mengepal di setang. Sebab, kebanyakan pengendara yang beberapa jarinya stand by di handel kopling, secara tidak sadar akan menarik kopling itu. Hal itu akan menyebabkan pemborosan pada kampas kopling.


0 comments:

Post a Comment