Friday, November 7, 2014

Keuntungan dan Kekurangan Cicilan Balloon Payment

Keuntungan dan Kekurangan Cicilan Balloon Payment Jakarta - Ketika akan membeli suatu barang atau properti dengan cara mencicil, umumnya kita hanya mengenal satu jenis cicilan, yakni membayar sejumlah uang muka yang besarnya bervariasi lalu membayar sisanya dengan cara mencicil tiap bulan.

Jangka waktu cicilan itu bervariasi, mulai dari tiga bulan (untuk produk elektronik) hingga 20 tahun (untuk cicilan properti).

Kekurangan dari jenis cicilan seperti itu adalah angsuran bulanan yang cukup mahal apabila mengambil tenor pendek, sedangkan jika mengambil tenor panjang, dirasa cicilannya seperti tidak ada habisnya.

Selain itu, tenor yang panjang juga membuat khawatir karena suku bunga yang dapat naik secara tiba-tiba. Hal tersebut tentu akan merugikan para konsumen yang mengambil kredit dengan suku bunga mengambang.

Padahal, ada satu lagi jenis cicilan yang tidak begitu banyak diketahui oleh orang, walaupun memang pada kenyataannya tidak banyak perusahaan pembiayaan yang menggunakan jenis cicilan seperti ini.

Jenis cicilan tersebut adalah balloon payment atau cicilan balon. Berikut ini adalah penjelasannya.

0 comments:

Post a Comment