Friday, November 7, 2014

Terhalang Bulan Serem, Penjualan Motor Diyakini Tetap 8 Juta Unit

Terhalang Bulan Serem, Penjualan Motor Diyakini Tetap 8 Juta UnitJakarta - Meski penjualan sepanjang Oktober lalu turun tipis 4,28 %, dan waktu yang tersisa tinggal dua bulan, namun Asosiasi Industri Sepeda Motor Seluruh Indonesia (AISI) tetap optimistis target 8 juta unit bakal tercapai. Turunnya bonus karyawan pada akhir tahun di wilayah kantong industri diyakini bakal mendongkrak penjualan.

"Meskipun pada bulan November ini tidak ada yang spesial, bahkan di Jawa masih ada kepercayaan di bulan Suro (yang jatuh pada November ini) bulan serem atau pamali untuk membeli kendaraan bermotor, tapi Desember bakal meningkat," tutur Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Jumat (07/11/2014).

Pada Desember nanti, daya beli konsumen diperkirakan meningkat karena berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya banyak perusahaan yang membagikan bonus kepada para pekerjanya. Peningkatan sangat terasa di wilayah yang saat ini menjadi kantong industri, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Data AISI menunjukkan, sepanjang Oktober lalu, penjualan motor di Jawa Barat mencapai 121.035 unit. Jumlah itu merupakan yang terbesar dibanding dengan penjualan di propinsi lain. Total selama tahun ini, angka penjualan motor sudah mencapai 6.760.557 unit.

Penjualan terbesar kedua dibukukan Jawa Timur, yakni 109.116 unit. Sedangkan terbesar ketiga adalah, DKI Jakarta dengan penjualan 102.000 unit.

"Sehingga, dengan perkiraan yang paling konservatif, dalam dua bulan nanti, setiap bulannya terjual 650 ribu unit, maka target 8 juta unit bakal tercapai," ucap Sigit.

Sementara, penjualan sepanjang Januari hingga Oktober lalu telah mencapai 6.760.557 unit.





0 comments:

Post a Comment