Friday, November 7, 2014

Sirkuit Legendaris Nurburgring Kini Milik Orang Kaya Rusia

Sirkuit Legendaris Nurburgring Kini Milik Orang Kaya RusiaNurburgring - Anda masih ingat pada Maret 2014 lalu, sirkuit Nurburgring resmi dibeli oleh perusahaan otomotif asal Jerman Capricorn Group dengan nilai 140.000.000 US$ atau setara dengan Rp 1,6 triliun. Kini, sirkuit legendaris itu tidak lagi milik Capricorn Group.

Diberitakan oleh beberapa media Jerman, Nurburgring kini telah dijual kepada seorang konglomerat asal Rusia, Viktor Kharitonin.

Ternyata, dijualnya Nurburgring karena Capricorn yang memiliki 2 per 3 saham dari sirkuit itu mengalami masalah keuangan besar dan tidak punya cara lain lagi selain menjualnya kembali.

Orang kaya asal Rusia itu diberikan kesempatan untuk membayar lunas sirkuit Nurburgring sebanyak 3 kali sampai akhir Desember mendatang. Sayangnya tidak disebutkan berapa Viktor membeli sirkuit legendaris itu dari tangan Capricorn.

Pada awalnya, Nurburgring dijual karena pemilik sirkuit legendaris ssebelumnya, Nuerburgring GmbH yang 90 persen sahamnya dipegang oleh negara mengajukan kepailitan ke negara bagian Rhineland-Palatinate.

Atas kebangkrutan tersebut, pengelola sirkuit legendaris itu menyalahkan Komisi Eropa yang terlalu lama menyetujui paket penyelamatan untuk mereka. Pemilik sendiri mengalami masalah keuangan setelah terjadi perselisihan dengan operator sirkuit, Nuerburgring Automotive GmbH (NAG) terkait biaya sewa.

Nurburgring sendiri adalah sebuah kawasan khusus motorsports yang dibangun sejak 1920an. Awalnya kawasan ini punya 4 konfigurasi trek sepanjang 28.265 km yang mengelilingi desa Numburg mengelilingi desa yang berada 70 km dari Cologne dan 120 km dari Frankfurt itu. Jalur itu juga mengelilingi benteng abad pertengahan di pegunungan Eifel.

Melihat lintasannya yang berkeliling desa dan pegunungan, legenda Jackie Stewart mengebutnya sebagai 'Neraka Hijau.'


0 comments:

Post a Comment