Tuesday, December 16, 2014

Eco Driving ala Mitsubishi Mirage

Eco Driving ala Mitsubishi MiragePalembang - Eco driving pengertian sekilas berarti berkendara ramah lingkungan. Namun bagaimana berkendara ramah lingkungan belum banyak yang memahami. PT KTB (Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku distributor resmi Mitsubishi di Indonesia membeberkan rahasianya.

Promosi and Event PT KTB Abdi Ghaffar, menjelaskan eco driving adalah sikap berkendara dengan tujuan bukan hanya menghemat energi, mengurangi polusi, dan memperpanjang usia kendaraan. Namun juga memaksimalkan fitur kendaraan dan tentunya mengurangi resiko kendaraan.

"Untuk konsumsi bahan bakar itu dipengaruhi cara berkendara, faktor internal kendaraan, dan ekternal atau lingkungan,” ujarnya dalam briefing lomba Eco Fun Drive II di Palembang beberapa waktu lalu.

Untuk faktor internal kendaraan ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Saringan udara, perbandingan bahan bakar versus udara yang dieal, kondisi busi, serta sistem pendinginan mesin. Pelumasan optimal harus sesuai spesifikasi mesin, volume yang ideal, penggantian secara berkala, serta pengecekan dari kebocoran.

Steering, suspensi, dan ban harus dipastikan secara normal dan aman. Khusus untuk ban, patikan tekanan udaranya sesuai. Karena pengurangan tekanan angin 1 psi meningkatkan hambatan putar sebesar 1,4% (menurut penelitian di AS).

Khusus untuk Mitsubishi Mirage tekanan ideal adalah 35 psi untuk setiap ban. Kondisi ini membuat ban menapak permukaan dengan sempurna. Kalau kelebihan maka bagian tengah dan ujung saja yang menapak permukaan.

"Terasa ringan memang, tapi saat berbelok kurang stabil,” terangnya.


0 comments:

Post a Comment