Tuesday, December 16, 2014

Tiongkok Bakal Jadi Pasar Terbesar Mobil Mungil smart

Tiongkok Bakal Jadi Pasar Terbesar Mobil Mungil smartStuttgart - Tiongkok diperkirakan menjadi pasar terbesar mobil mungil smart milik Daimler (Mercedes-Benz) menggantikan Jerman dan Italia dalam beberapa tahun mendatang. Moncernya pasar mobil kecil itu menyusul perlambatan pasar segmen mobil mewah (berukuran besar) di negeri itu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (17/12/2014), Chief Executive Smart, Annette Winkler, mengatakan dalam beberapa bulan tahun ini penjualan smart di Negeri Tirai Bambu itu terus beranjak naik.

"Ketika kami mulai, banyak orang meragukan bahwa smart bisa sukses di sini, karena biasanya kalau bicara mobil premium di Tiongkok adalah tentang mobil (mewah) besar," tutur Winkler.

Pasar mobil mewah di Tiongkok saat ini didominasi oleh merek Jerman seperti Audi, BMW dan Daimler Mercedes-Benz.

Namun dalam beberapa bulan terakhir pasar segmen itu menunjukkan tanda-tanda perlambatan, dan sebaliknya penjualan model berukuran kompak masih bertumbuh cepat.

Di negara itu, smart yang bersaing ketat dengan MINI (BMW), tahun lalu terjual sekitar 17.500 unit.

"Penjualan akan meningkat lagi pada tahun depan sejalan dengan peluncuran Smart baru dua kursi dan smart empat kursi. Bahkan pada 2016, kami akan melihat pertumbuhan dua digit lagi," papar Smart Head Tiongkok, Daniel Lescow.





(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment