Monday, December 15, 2014

Honda Tiap Minggu Pantau Dampak Kenaikan BBM

Honda Tiap Minggu Pantau Dampak Kenaikan BBMSurabaya - Kenaikan harga jual bahan bakar minyak subsidi menjadi tantangan berat untuk industri otomotif Indonesia. Bahkan karena berefek pada penjualan sepeda motor di Surabaya, Honda terus memantau dampaknya setiap minggu.

"Bensin naik (dari Rp 6.500 kini mencapai Rp 8.500), kita monitornya tiap minggu," kata Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mulia distributor Honda, Suwito Mawarwati, di Surabaya.

Namun lanjut Suwito, dirinya percaya kebijakan pemerintah menaikkan bahan bakar minyak dilakukan untuk kebaikan masa depan Indonesia.

"Tapi ini kebijakan akan berdampak positif nantinya, dan ini baik untuk Indonesia," katanya.

Tidak sampai disitu, menurut dirinya kenaikan harga BBM subsidi dinilai hanya akan berdampak sementara.

"Tapi sebenarnya kalau di Jawa timur, lahan pertanian yang paling berperan (bagus atau tidaknya penjualan motor). Seperti petani tebu saat ini, karena terlalu banyaknya gula impor membuat gula petani di Surabaya kalah saing. Dan harga jualnya menjadi rendah, dan petani tidak mendapatkan untung, dan tidak bisa membeli motor," katanya.

"Dan selain itu hal yang mempenggaruhi penjualan motor di Surabaya itu, ditentukan nilai Upah Minimun Regional (UMR) di Surabaya. Karena tahun depan naik sekitar menjadi Rp 2,7 juta. Jadi bensin naik itu hanya berdampak sebentar," tambahnya.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment