Monday, December 15, 2014

Stella, Mobil Kecil Besutan Toyota-Subaru

Stella, Mobil Kecil Besutan Toyota-SubaruTokyo - Fuji Heavy Industries, perusahaan induk Subaru, akhir pekan lalu meluncurkan generasi terbaru mobil mungil bermesin 660 cc. Subaru Stella, begitulah nama mobil mungil itu, dibuat sebagai hasil kolaborasi antara Subaru dengan Toyota.

Seperti dilansir Leftlanews, Senin (15/12/2014), mobil kecil itu berbagi platform dengan Daihatsu Move, mobil kecil atau kei car besutan Daihatsu Motors. Saham Daihatsu saat ini dikuasai oleh Toyota Motor Corporation.

Sementara, Toyota menjadi pemilik sebagian saham Subaru setelah membeli saham General Motors di pabrikan tersebut. Disitulah pertalian darah antara Toyota dan Subaru yang menghasilkan Stella.

Mobil kecil itu menarik perhatian karena menjadi mobil mungil pertama yang menggunakan transmisi otomatis.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah layar sentuh berukuran 4,2 inci, kursi belakang yang bisa digeser, lampu utama LED dan lampu kabut, peranti kontrol stabilitas secara elektronik, serta perangkat pembantu pengereman untuk mencegah tabrakan.

Mesin 660 cc DOHC tiga silinder yang dilengkapi turbocharger mampu menyemburkan tenaga 64 hp. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 18,8 kilometer per liter (km/liter) untuk varian berpenggerak roda depan.

Adapun varian berpenggerak 4 roda konsumsi bahan bakarnya sekitar 16,5 km /liter.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment