Tuesday, January 6, 2015

Mobil Lexus Bakal Adopsi Teknologi Sel Bahan Bakar

Mobil Lexus Bakal Adopsi Teknologi Sel Bahan BakarSydney - Dalam hal teknologi fuel cell atau sel bahan bakar, Toyota akan memperluas jajaran produknya. Kabar terbaru yang mencuat adalah, Toyota akan menyematkan teknologi itu pada merek premiumnya, Lexus.

Dilansir laman Autoblog, Selasa (6/1/2015) salah satu media Australia, Motoring menjelaskan sumber internal Toyota menyebutkan penggunaan teknologi fuel cell akan diperlebar ke segmen mobil premium.

Nantinya, mobil Lexus dengan teknologi fuel cell akan di tempatkan di atas LX Hybrid dan direncanakan meluncur tahun 2017 mendatang.

Upaya yang tengah dilakukan oleh para insinyur Toyota adalah mereka sedang merekayasa cara menggeser 2 tabung hidrogen dalam struktur sasis kendaraan penumpangnya.

Rekayasa itu berkaca pada Mirai, sehingga nantinya Lexua akan memiliki 2 tangki. Satu tangki di bawah jok belakang dan satu lagi di bagasi belakang dan sistem fuel cell-nya akan ditempatkan di bawah jok depan.

Nantinya, mobil tersebut akan menggendong motor listrik dengan 220 kW yang memiliki bobot 2.100 kg atau lebih ringan 244,48 kg dari model Lexus LS Hybrid dan lebih berat 175,5 kg dari LS bermesin konvesional.

Jika rekayasa ini berhasil, produsen otomotif terbesar di dunia ini mengklaim mobl tersebut akan memiliki daya jelajah hingga 238 mil atau sekitar 383,03 km dengan kondisi baterai terisi penuh.

Tak hanya itu, model Lexus termahal itu akan memiliki lubang udara pada bagian depan yang lebih besar. Hal itu dilakukan untuk efektivitas pendinginan baterai dari udara yang masuk.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment