Tuesday, February 24, 2015

2 Tahun Lagi, Mobil Tanpa Sopir Milik Volvo Diuji Coba

2 Tahun Lagi, Mobil Tanpa Sopir Milik Volvo Diuji CobaGothenburg - Saat ini masing-masing produsen mobil tengah mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir (otonom). Bahkan, ada beberapa produsen yang sudah mulai menguji coba. Untuk Volvo, rencananya baru akan menguji coba pada tahun 2017 mendatang.

Dilansir laman Inautonews, Selasa (25/2/2015) produsen otomotif asal Swedia ini pada tahun 2017 akan melakukan uji coba 100 unit mobil tanpa sopir. Proses uji cobanya itu sendiri akan dilakukan di jalanan Swedia.

Berbeda dengan prosusen lain, dalam proses uji coba kali ini, Volvo akan memperbolehkan konsumen untuk menguji cobanya sendiri. Tapi dengan catatan, proses uji cobanya di lingkungan yang sudah ditentukan oleh Volvo yakni di sekitaran daerah Gothenburg.

"Kita sedang memasuki segmen baru yakni mengambil langkah menguji mobil tanpa sopir yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Volvo akan berkolaborasi dengan pemerintah Swedia di kota Gothenburg dan Lindholmen Science Park," tutur Senior Vice President of Research and Development Volvo Peter Mertens.

Tempat yang ditunjuk oleh Volvo untuk melakukan uji coba ini jaraknya 30 km dari pusat kota dan tidak ada lalu lintas, pejalan kaki atau pesepeda.

Mobil yang akan dipasangkan teknologi itu adala Sport Utility Vehicle (SUV) XC90 yang sudah dilengkapi oleh berbagai macam sensor, radar, kamera dengan tampilan 60 derajat.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment