Tuesday, February 24, 2015

Hapus Citra Mobil Termurah, Tata Bakal Bikin Nano Bermesin Besar

Hapus Citra Mobil Termurah, Tata Bakal Bikin Nano Bermesin BesarGreenville - Jika selama ini mobil mungil Tata Nano dikenal mobil paling murah dengan banderol US$ 2.500 atau sekitar 30,8 juta, kini citra itu bakal diubah. Pabrikan pembuatnya, Tata Motors tengah berencana untuk membuat Tata Nano dengan mesin yang lebih besar, sehingga harganya pun tak murah lagi.

Mantan bos Tata Motors, Ratan Tata, seperti dilansir Automotivenews, Rabu (25/2/2015) menuturkan, dia tak ingin cap sebagai mobil termurah melekat di Tata Nano. Soalnya dengan cap seperti itu, pemilik mobil itu juga terkesan sebagai orang yang tak mempunyai uang.

"Itu bisa dicap sebagai mobil termurah di India - bukan yang paling terjangkau atau memiliki nilai terbaik untuk uang," kata Tata saat bicara tentang industri otomotif.

"Ini mendapat stigma, saya tidak ingin mobil ini terlihat termurah. (Karena) Tetangga saya akan berpikir bahwa saya tidak punya uang. Kami menderita karenanya. Oleh karena itu, kami sedang berusaha untuk memposisikan mobil ini,” paparnya.

Tata yang pensiun sebagai Chairman Tata Motors pada Desember 2012 lalu itu berniat mendorong pengembangan mobil yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Mobil itu selain aman dan nyaman yang lebih baik ketimbang sepeda motor.

Mesin yang akan diusung mobil baru itu bertenaga lebih dari 37 hp, yang saat ini dihasilkan oleh mesin dua silinder yang dipakai Tata Nano. Mesin anyar itu juga tak berisik seperti mesin Nano yang ada saat ini.

Penjualan Nano mencapai puncaknya pada 2012 lalu dengan total penjualan 75.000 unit. Setelahnya, penjualan menurun. Bahkan tahun lalu penjualan hanya sebanyak 22.000 unit.

Meski begitu, Ratan Tata meyakini mobil ini masih memiliki potensi yang besar, setidaknya bisa memproduksinya hingga 500.000 unit.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment