Tuesday, February 24, 2015

Mengintip Dapur Produksi Motor Viar

Mengintip Dapur Produksi Motor ViarSemarang - Akhir pekan lalu, detikOto diberi kesempatan oleh Viar Motor Indonesia untuk mengintip pabrik motor roda tiga dan roda duanya di Semarang, Jawa Tengah. Kunjungan pabrik Viar itu bertepatan dengan ulang tahun Viar Motor Indonesia yang ke-15.

Sampai saat ini, pabrik Viar yang sudah berdiri baru seluas 11 hektar. Namun, Viar merencanakan akan membangun pabriknya di Semarang hingga 20 hektar. Diperkirakan, pada 2020 perluasan pabrik hingga 20 hektar itu sudah terlaksana.

"Plan kita 20 hektar. Tapi yang sudah ada baru 11 hektar," kata Deputy Director Marketing Viar Motor Indonesia Akhmad Zafitra Dalie di Semarang, akhir pekan lalu.

Saat ini, kapasitas produksi mencapai 5.000 unit per bulan. Jika ditotalkan, setahun pabrik ini bisa memproduksi 60.000 unit motor.

Mesin motor Viar pun diproduksi di pabrik ini. Jadi, setelah selesai produksi mesin, pabrik ini langsung merakit motor roda tiga dan roda dua hingga menjadi motor utuh.

Menurut R&D Manager Viar Motor Indonesia Heru Sugiantoro, proses produksi motor Viar dimulai dari penyatuan mesin. Komponen mesin dari terurai kemudian disatukan.

Untuk kapasitas produksi mesin, pabrik Viar ini mampu memproduksi mesin hingga 1.000 mesin dalam satu shift. "Ini satu shift 500 per line untuk mesin. Di sini ada dua line," kata Heru.


0 comments:

Post a Comment