Tuesday, February 24, 2015

Yuk Intip Produksi Mobil Hidrogen Toyota

Yuk Intip Produksi Mobil Hidrogen ToyotaJakarta - Pada November 2014 lalu, Toyota Motor Corporation sudah mulai memiliki mobil masa depan. Ya, adalah mobil sel bahan bakar, Toyota Mirai yang menjadi andalan terbaru Toyota untuk mobil masa depan. Mirai sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti masa depan.

Mobil hidrogen ini diproduksi di pabrik Motomachi yang sudah berdiri sejal 1956. Siaran resmi Toyota Motor Corporation, Rabu (25/2/2015) melansir, pabrik ini sebelumnya telah memainkan peran penting untuk mewujudkan impian Toyota untuk berkontribusi di bidang otomotif global.

Pabrik tersebut pertama kali menjadi pabrik produksi mobil penumpang di Jepang. Mobil-mobil andalan Toyota yang sudah mendunia seperti Publica", "Corona", "Cresta", "Soarer", "Supra", "RAV4", dan mobil super Lexus "LFA" sudah dibangun di fasilitas produksi Motomachi ini.

Kini, pabrik Motomachi memproduksi sedan bertenaga hidrogen, Toyota Mirai. Toyota mengklaim, produksi Mirai ini dilakukan dengan fokus dan perhatian terhadap detail yang sama dengan mobil lain yang sudah diproduksi di sini. Diperkirakan, tiga unit Toyota Mirai selesai diproduksi di pabrik ini.

Jalur perakitan Toyota Mirai dibagi menjadi tiga bagian utama. Ketiganya meliputi trim, perakitan sel bahan bakar/sasis dan perakitan akhir. Dalam setiap bagian, ada daerah sub-perakitan untuk instalasi bagian.

Untuk memproduksi Mirai ini, pertama yang harus dilakukan adalah kerangka bodi mobil ini dicat di bagian produksi massal pabrik Motomachi.