Thursday, February 12, 2015

Mobil Tanpa Sopir Sudah Berkeliaran di Inggris

Mobil Tanpa Sopir Sudah Berkeliaran di InggrisLondon - Mobil otonom pertama milik Inggris muncul beberapa hari lalu. Kini, mobil tanpa sopir itu sudah mulai berkeliaran di jalanan Greenwich, di London, Inggris.

Seperti diberitakan CNN, Jumat (13/2/2015), mobil otonom bertenaga listrik tersebut menyandang nama LUTZ Pathfinder. Mobil itu bisa menempuh kecepatan hingga 20 km/jam dengan menggunakan sensor, radar dan kamera untuk menghindari rintangan di jalan.

Mobil mungil yang dirancang oleh Transport Systems Catapult dibuat khusus untuk berjalan di trotoar, lintasan sepeda atau daerah pejalan kaki lainnya. Dengan begitu, orang yang membutuhkan perjalanan singkat bisa memakai LUTZ Pathfinder.

Setelah diluncurkan pekan ini, mobil tersebut akan diuji lagi pada akhir tahun di Milton Keynes, 80 km sebelah utara dari London.

Selama percobaan, masing-masing pod akan dilengkapi dengan roda kemudi dan sopir yang dapat mengontrol kendaraan jika terjadi masalah.

Jika percobaam berjalan mulus, mobil yang sepenuhnya tanpa membutuhkan sopir bisa diluncurkan di seluruh kota Inggris dalam dua tahun.

Sementara itu, kendaraan serupa telah beroperasi di Bandara Heathrow, London sejak 2011. Mobil itu dijadikan jasa antar-jemput penumpang antara terminal dan lokasi parkir.

Menteri Bisnis Inggris Vince Cable mengatakan, Ingris memiliki kesempatan untuk menjadi pionir dalam industri mobil otonom. Ia berharap, investasi industri tersebut akan mencapai 900 miliar poundsterling pada tahun 2025.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment