Sunday, February 1, 2015

Pemerintah Malaysia Pangkas Harga Mobil Hingga 20 Persen

Pemerintah Malaysia Pangkas Harga Mobil Hingga 20 PersenKuala Lumpur - Setelah menurunkan harga BBM, pemerintah Malaysia berniat menurunkan harga mobil yang dipasarkan di dalam negeri hingga 20 persen. Target penurunan sebesar itu diyakini bisa diwujudkan pada 2017 mendatang.

Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Datuk Seri Mustapa Mohamed seperti dilansir kantor berita Bernama, Selasa (2/2/2015) mengatakan, harga rata-rata semua model dan varian mobil di negeri itu telah turun 12 persen sejak 2013 lalu.

"Pada 2013, harga rata-rata mobil turun lima persen, dan tahun lalu, turun lagi tujuh persen. Memberikan keuntungan bagi 72,5 persen pembeli,” tuturnya saat memberi keterangan Kebijakan Otomotif Nasional (NAP) 2014, akhr pekan lalu.

Menurut Mohamed, penurunan harga itu dikarenakan proses produksi industri otomotif di negaranya yang semakin efisien. Memang, kebijakan ini bertujuan menjadikan Malaysia sebagai pusat industri otomotif yang hemat energi.

“Tujuan lainnya adalah, mengembangkan kegiatan riset dan pengembangan kendaraan setir kanan dan kaitannya dengan berbagai fitur terkini seperti efisiensi bahan bakar, material ringan, tekematika, serta komponen maupun peralatan desain,” paparnya.

Dia mencontohkan sejumlah model yang telah mengalami penurunan harga adalah Daihatsu Myvi yang turun 11 persen, Proton 13 persen, Honda Jazz 17 persen.

Indonesia kok naik terus?


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment