Sunday, March 22, 2015

Dikritik Media, Land Rover Tarik 36 Ribu Evoque di Tiongkok

Dikritik Media, Land Rover Tarik 36 Ribu Evoque di TiongkokBeijing - Pabrikan asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR) akhir pekan lalu menyatakan telah menarik 36.000 unit Range Rover Evoque. Penarikan Sport Utility Vehicle (SUV) itu dilakukan setelah stasiun televisi milik pemerintah mengkritik pedas kerusakan pada gearbox mobil tersebut.

Seperti diwartakan Reuters, Senin (23/3/2015), JLR meminta maaf kepada konsukmen atas kerusakan tersebut. Menurut laporan pabrikan tersebut, jumlah Range Rover yang ditarik mencapai 36.451 unit, yang terdiri dari model 2014 dan 2015.

Sebelumnya pemilik mobil mengeluhkan adanya masalah pada software yang terkait dengan sistem transmisi. Disebutkan gear shift juga rawan rusak karena kualitas yang kurang bagus, transmisi yang bising, serta tidak bekerjasa secara optimal dalam peralihan posisi gigi saat mobil dalam kondisi restart.

JLR berjanji akan melakukan perbaikan software gearbox yang bermasalah itu secara gratis. Bahkan pabrikan itu juga akan memperpanjang masa garansi gera box dari tiga menjadi tujuh tahun, atau menjadi 240.000 kilometer (km) dari sebelumnya 100.000 km.

Sehari sebelumnya, Kamis (19/3/2015) Lembaga Pengawasan Kualitas, Inspeksi, dan Karantina Tiongkok (AQSIQ) telah meminta JLR untuk menarik model yang ditengarai bermasalah tersebut. Selain itu, pabrikan yang dimiliki oleh Tata Motors itu juga diminta memperpanjang masa garansi.

Selain JLR, pabrikan lain yang juga tengah dalam sorotan televisi Tiongkok itu adalah Volksawgen dan Nissan Motor Company. Adapun JLR sebelumnya menyatakan, penjualannya bakal melambat tahun ini.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment