Tuesday, March 17, 2015

Lewat Olimpiade, Toyota Kenalkan Mobil Hidrogen Mirai ke Dunia

Lewat Olimpiade, Toyota Kenalkan Mobil Hidrogen Mirai ke DuniaToyota City, Jepang - Toyota Motor Corporation dikabarkan telah menggelontorkan dana senilai US$ 835 juta atau sekitar Rp 11 triliun untuk mensponsori Olimpiade 2020 di Tokyo dan perhelatan serupa di beberapa negara hingga 2024. Menariknya, dalam program The Olympic Partner (TOP), itu mobil berbahan bakar hidrogen Toyota Mirai bakal menjadi kendaraan resmi perhelatan itu.

Seperti dilansir Green Car Reports, Rabu (18/3/2015), setidaknya 6.000 unit sedan Mirai bakal disediakan oleh Toyota sebagai sarana angkutan bagi atlet dan pejabat komite olimpiade.

Dengan pendanaan sponsorship sebesar itu, Toyota mendapatkan hak untuk mengiklankan mobilnya dalam kegiatan yang berkaitan dengan olimpiade selama lima tahun ke depan.

Pabrikan ini juga berhak menggunakan lambang cincin yang merupakan logo dari olimpiade untuk kegiatan iklannya. Bahkan kesepakatan yang beraku hingga 2024 itu, juga memberikan kesempatan kepada Toyota untuk beriklan pada olimpiade musim dingin 2018 di di Pyeongchang, Korea Selatan, serta olimpiade misim dingin dan panas pada 2022 dan 2024.

Kehadiran Toyota Mirai di jalan-jalan kota-kota Jepang selama perhelatan olimpiade 2020 diyakini tak akan menemui kendala. Soalnya, pemerintah kota Tokyo telah berkomitmen menggelontorkan dana sekitar US$ 385 juta atau sekitar Rp 5 triliun untuk pembangunan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen dan subsidi mobil berbahan bakar hidrogen.

Tak kurang dari 35 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen bakal dibangun mulai saat ini hingga 2020 mendatang. Dengan cara ini, rencana Jepang untuk membangun infrastruktur mobil hidrogen sekaligus memasayrakatkan mobil berbahan bakar hidrogen pada saat olimpaide akan terwujud.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment