Sunday, March 29, 2015

Toyota: Alphard Hybrid Cocok untuk Indonesia

Toyota: Alphard Hybrid Cocok untuk IndonesiaJakarta - Di Jepang, Toyota menawarkan MPV premium, Alphard dengan tiga pilihan penggerak yaitu mesin 2.500 cc, 3.500 cc dan teknologi hybrid yang menggabungkan mesin bakar 2.500cc dengan dua buah motor listrik. Untuk versi hybrid, kedua motor listrik berada di bagian depan dan belakang atau disebut E-Four electric four wheel drive system.

Lalu, akankah Toyota Astra Motor (TAM) akan menjual Alphard versi hybrid? Marketing Director PT TAM Mamoru Akiama menjelaskan, tidak menutup kemungkinan versi hybrid akan mendarat juga di Indonesia. Namun, pihaknya harus melakukan studi terlebih dahulu.

Bahkan, Akiama menyebut, teknologi hybrid cocok dengan situasi dan kondisi Indonesia yang berniat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

"Teknologi hybrid merupakan suatu teknologi yang bisa dikembangkan dan dipakai di mana saja. Hybrid menurut saya cocok dengan situasi dan kondisi Indonesia yang ingin meningkatkan efisiensi BBM," kata Akiama di Jakarta.

Ia melanjutkan, infrastruktur yang dibutuhkan pun tidak perlu semeriah mobil listrik. Sebab, mobil listrik murni masih membutuhkan fasilitas pengisian jika ditengah jalan baterainya habis. Namun, untuk versi hybrid jika baterai habis penggunanya bisa menggunakan mesin bakar.

"Infrastruktur pun tidak perlu disiapkan. Misalnya mobil listrik, memang membutuhkan infrastruktur. Namun dengan hybrid tidak perlu infrastruktur itu," ujarnya.

Bahkan ia menilai, peminat mobil hybrid semakin meningkat. Ia pun berharap agar ke depannya PT TAM bisa melakukan studi lebih lanjut untuk mendatangkan Alphard versi hybrid.

"Menurut saya, saat ini minat terhadap hybrid semakin meningkat. Kami berharap ke depannya bisa melakukan studi di Indonesia," ungkapnya.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment