Saturday, April 4, 2015

Helm Buatan Rusia Ini Bisa Tampilkan GPS di Kacanya

Helm Buatan Rusia Ini Bisa Tampilkan GPS di KacanyaMoskow - Pengguna motor kerap kali membutuhkan sebuah peta atau GPS untuk sampai ke tempat tujuan. Kini, pemotor tidak lagi sistem GPS yang mengharuskan pandangan pengendara beralih.

Sebuah helm pintar yang diproduksi di Rusia, LiveMap bisa jadi pilihan baru bagi pemotor yang membutuhkan informasi jalan tanpa perlu mengalihkan pandangannya. Helm tersebut menggunakan perangkat Voice Control yang bisa dioperasikan dengan basis suara.

Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (4/4/2015), helm pintar berbasis android tersebut akan menampilkan peta transparan di kaca helmnya. Untuk mengoperasikannya, pengendara hanya perlu menyebut lokasi tujuan dan nantinya akan diarahkan.

"Ini adalah prototipe visor. Gambar diterima dari chip ke visor dan dipantulkan ke mata manusia," ungkap CEO LiveMap Andrew Artshchev.

Artshchev menjelaskan, ia terinspirasi dari teknologi yang diterapkan untuk pilot pesawat tempur. Ia pun memutuskan untuk menerapkan teknologi tersebut untuk helm yang digunakan oleh masyarakat sipil.

"Saya belajar tentang konsep ini dari helm penerbangan dan memutuskan untuk membuat helm sepeda motor sipil pada model ini. Helm ini tidak menunjukkan titik target bidikan pada pilot pesawat tempur tapi untuk memberikan informasi navigasi, untuk belok kiri atau kanan dan sebagainya," katanya.

Helm LiveMap dikembangkan dengan bantuan dana dari Menteri Sains Rusia. Helm ini akan resmi dijual di Amerika Serikat dengan banderol 2.000 dolar atau sekitar Rp 25,9 jutaan.


(rgr/ady)

0 comments:

Post a Comment