Monday, June 22, 2015

Motor Bermesin Turbin Rolls-Royce Tenaga 542 Daya Kuda, 376 Km/Jam

Motor Bermesin Turbin Rolls-Royce Tenaga 542 Daya Kuda, 376 Km/JamElvington - Anda pernah mendengar mendengar ada sepeda motor yang menggunakan turbin helikopter? Ini bukan isapan jempol, motor bermesin turbin helikopter itu ternyata ada di dunia dan baru saja menorehkan rekor dunia.

Dilansir laman gizmag, Selasa (23/6/2015) dalam ajang yang bertajuk Straightliner Speed Record yang digelar di Elvington, Inggris, motor bermesin turbin helikopter Rolls-Royce itu berhasil menorehkan rekor karena memiliki tenaga 542 tenaga kuda dan torsi 610 Nm.

Motor pun menjadi motor bertenaga turbin tercepat yang sanggup menorehkan kecepatan sampai 233,7 mil per jam atau 376 km per jam!.

Dalam menggarap motor ini, Madmax Race Team membuatnya seperti motor pada umumnya atau seperti motor jalanan biasa yang memiliki perlengkapan lengkap dan desain yang sewajarnya. Memiliki lampu, klakson, indikator dan lainnya.

Sebelumnya, motor ini adalah hasil garapan dari Marine Turbine Technologies (MTT) yang pertama kali dibuat tahun 1998. Menggunakan teknologi turbin helikopter Rolls-Royce, projek ini kembali berakhir pada tahun 2005 sebelumnya akhirnya MTT mengalihkan fokus untuk memproduksi turbin untuk industri.

Setelah beberapa tahun, MTT kembali menghidupkan lini pembuatan sepeda motor. Turbin helikopter Rolls-Royce 250-C18 yang sebelumnya digunakan pun diganti dengan yang model terbaru, yakni 250-C20B.

Banyak yang diperbaiki ulang, termasuk desain dan rangka yang juga dibentuk ulang serta diperkuat dan dipasangkan gearbox 2 percepatan dari Toyota.

Proses perombakkan motor ini memakan waktu yang cukup lama dan juga kocek yang tebal. Diperkirakan untuk membangun sepeda motor ini, biaya yang dikeluarkan mencapai 200.000 poundsterling atau setara dengan Rp 4,22 miliar.



0 comments:

Post a Comment