Monday, June 22, 2015

Oli Apa yang Cocok untuk Motor Anda?

Oli Apa yang Cocok untuk Motor Anda?Jakarta - Saat ini, sudah banyak jenis oli yang beredar di pasaran. Mulai dari oli semi-synthetic hingga oli full synthetic. Lalu, oli seperti apa yang cocok untuk motor Anda?

Sparepart Manager Astra Motor Mataram, Irwandi Usmanto menjelaskan, mesin-mesin pada motor Honda terkini sudah memiliki kerapatan yang sangat tipis. Minimal, motor-motor terkini sudah menggunakan oli semi-synthetic.

"Sebenarnya oli semi-synthetic sudah cukup," jelasnya kepada detikOto di Mataram, Lombok beberapa waktu lalu.

Sementara oli full synthetic seperti oli SPX milik AHM bisa digunakan untuk konsumen yang mau motornya lebih bertenaga. Menurut Service Manager Astra Motor Mataram Anton Prihatno, oli full synthetic disarankan digunakan untuk konsumen yang menggunakan sepeda motor dengan jarak jauh.

"Full synthetic pada putaran tinggi pelumasan mesin masih dapat. Disarankan yang pakai full synthetic yang endurance-nya tinggi. Karena kemampuan melumasi pada putaran tinggi lebih mampu. Full syntethic lebih mendinginkan mesin," ujar Anton.

Untuk motor-motor yang diproduksi setelah tahun 2009, oli yang digunakan harus memiliki tingkat kekentalan yang rendah, kondisinya encer. Sebab, mesin motor produksi setelah tahun 2009 memiliki susunan komponen yang lebih rapat.

"Ada pandangan bahwa kita harus pakai oli dengan tingkat kekentalan tinggi. Begitu pakai tingkat kekentalan tinggi, sementrara kerapatan mesin kita sudah sangat tipis, itu enggak bisa melumasi dengan sempurna," kata Irwandi.

Standar oli yang digunakan memiliki SAE 10W-30. Oli dengan tingkat kekentalan itu sudah diriset memiliki komposisi terbaik. Namun, motor produksi sebelum tahun 2009 bisa menggunakan oli yang lebih kental.

"Standarnya 10W-30. Lebih tipis. Berdasarkan riset, 10W-30 komposisi terbaik. Karena kalau di atas, enggak akan melumasi seluruh bagian motor. Tapi untuk motor sebelum 2009 boleh pakai oli kental," terang Irwandi.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment