Wednesday, July 15, 2015

4 Tips Membersihkan Busi Motor

4 Tips Membersihkan Busi MotorJakarta - Busi motor merupakan perangkat pengapian yang bertugas memantikan api listrik dalam sebuah rangkaian proses pembakaran di dalam mesin motor. Api yang dihasilkan dari busi inilah yang membuat mesin menjadi hidup dan menyala.

Jika busi motor ini kotor dan akhirnya bermasalah, maka sudah dapat dipastikan bahwa motor tidak akan hidup alias “mogok”.

Mungkin Anda bertanya, kenapa busi motor bisa kotor? Ada beberapa hal yang membuat busi motor menjadi kotor, diantaranya debu, kotoran, maupun kerak yang timbul akibat usia busi yang sudah berumur.

Berikut adalah tips bagaimana cara membersihkan busi motor Anda.

1. Hindari menggosok kepala busi dengan amplas

Pada umumnya, orang membersihkan busi motor dengan cara mengampelasnya. Penggunaan amplas untuk membersihkan kepala busi yang kotor terhitung merupakan cara yang jitu untuk membuat mesin motor kembali menyala sehingga cara ini banyak dilakukan baik oleh mereka yang membersihkan busi di rumah, maupun tukang mesin di bengkel-bengkel.

Namun sebenarnya cara membersihkan busi motor dengan ampelas sebenarnya kurang baik, karena dapat membuat lapisan elektroda atau torak menjadi tipis yang akan membuat jarak kepala busi dengan elektroda menjadi renggang.


0 comments:

Post a Comment