Sunday, July 26, 2015

Mitsubishi Stop Produksi Outlander Sport di Amerika

Mitsubishi Stop Produksi Outlander Sport di AmerikaWashington - Pabrikan mobil Jepang, Mitsubishi, harus mengambil langkah pahit. Mitsubishi memutuskan tak lagi memproduksi model SUV Outlander Sport di Amerika Utara. Meski begitu, mobil tetap akan dijual di Amerika dengan mengambil produksi dari Jepang.

Dalam siaran pers, Mitsubishi akan menghentikan produksi Outlander Sport pada akhir November 2015. Outlander Sport akan dipasok dari pabrik Okazaki di Jepang.

Melirik ke belakang, Mitsubishi mulai memproduksi mobil di Amerika pada tahun 1988. Pada tahun 2000, jumlah produksi sudah mencapai lebih dari 222.000 unit, namun setelah itu, angka produksi mobil Mitsubishi di Amerika terus menurun gara-gara krisis. Apalagi setelah Chrysler memutuskan kerja sama dalam produksi mobil.

Pada tahun 2009, angka produksi tercatat paling rendah pada 18.500 unit saja. Di tahun 2012, Mitsubishi mulai memproduksi Outlander Sport untuk pasar Amerika Utara, Rusia, Timur Tengah dan Amerika Utara.

Pasar mobil Amerika Utara memang sempat membaik, sehingga angka produksi kembali naik menjadi 70.000 unit pada 2013, namun pasar Rusia yang berkontribusi sebanyak 30 persen dari total produksi malah turun sampai akhir tahun 2014. Hal ini mengakibatkan output pabrik kembali turun.

“Melihat situasi tersebut, Mitsubishi memutuskan untuk mengakhiri produksi di pabrik Normal (Amerika Utara) dan akan mengonsolidasikan produksi di Okazaki,” tulis Mitsubishi.

Outlander Sport akan dikirim dari Jepang mulai tahun depan. Mitsubishi pun berharap pasar mobil di sana akan kembali pulih. Selain Outlander Sport, Mitsubishi menjual mobil seperti Lancer, Outlander, MieV, Lancer Evolution dan city car Mirage.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment