Thursday, September 10, 2015

8 Perubahan Besar di Mesin Ertiga

8 Perubahan Besar di Mesin ErtigaJakarta - Suzuki tidak mau menyebut perubahan pada Ertiga sebagai facelift atau minor change (perubahan sedikit), Suzuki berani menyebut New Ertiga karena selain interior dan eksterior berubah, mesin juga dioprek.

Menurut Ricky Patrayudha, Kepala Servis Nasional Roda Dua dan Empat Suzuki Indomobil Sales ada 8 perubahan besar pada sektor mesin K14B berkapasitas 1.400 cc itu.

Yakni perubahan kompresi, penggantian head aluminium menjadi head racing, perubahan desain squish di ruang bakar, 2 perubahan besar di sistem pendinginan mobil (memperbesar water jacketnya yang ada di engine dan inovasi baru water jacket khusus untuk membuat liquid coolnya lebih cepat jalannya ke masing-masing silinder), mengubah durasi exhaust cam, mengubah diameter klep keluar dan masuk, mengubah sistem piston dom, dan terakhir yang ke depan memodifikasi PJM.

“Jadi ada 8 perubahan penting, tujuannya untuk menghemat bahan bakar, impact-nya horse power memang turun dari 95 jadi 92, turun 3 hp, tetapi torsinya dinaikkin sedikit dan di rpm lebih awal. Hal ini memang sudah sesuai keinginan konsumen maunya apa, kalau tenaganya dinaikkan 120 daya kuda lagi, tidak banyak diperlukan konsumen,” ujarnya beralasan.

Berkat perubahan besar ini, efisiensi kendaraan naik 8 persen.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment