Thursday, September 10, 2015

Nyetir Jeep Sambil Selfie, Tabrakan Deh...

Nyetir Jeep Sambil Selfie, Tabrakan Deh...Washington - Selfie akhir-akhir ini jadi kebiasaan baru yang sering dilakukan pengendara mobil. Mereka memotret diri sendiri sambil bergaya, tanpa menyadari bahayanya.

Misalnya pria pengendara Jeep Wrangler ini. Untuk mendokumentasikan aksinya memburu buaya, dia menggunakan tongkat selfie sambil nyetir.

Karena terlalu asyik melihat kamera, dia malah tidak ngeh dengan mobil yang di depan.

Brak! Jeep pun menabrak mobil pikap Toyota yang tengah mengangkut perahu. Ujung perahu itu membentur kaca depan mobil Wrangler yang menabraknya.

Kaca mobil pun jadi pecah. Untung saja kecepatan mobil tidak terlalu kencang, jadi si pria bisa selfie lagi di tempat yang lebih aman dan saat tidak sedang menyetir.

Dalam sebuah riset riset oleh IAM terhadap 500 pengemudi terlihat sembilan persen dari pengemudi mengaku telah selfie saat mengemudi dalam sebulan terakhir. Uniknya, dari angka tersebut wanita justru tidak terlalu terobsesi dengan selfie saat mengemudi dibandingkan laki-laki. Hanya lima persen wanita mengaku mereka telah selfie saat mengemudi dibanding pria yang mencapai 12 persen.

Sementara itu, delapan persen dari pengemudi mengaku, mereka telah mengemudi sambil menggunakan aplikasi video call. Hal itu meningkat 16 persen di antara usia 18 sampai 24 tahun.

Studi sebelumnya yang juga dilakukan IAM pada 2012 lalu menunjukkan, penggunaan smartphone saat mengemudi lebih berbahaya daripada mengemudi akibat mengkonsumsi alkohol. Sebab, waktu reaksi pengemudi bakal lebih lambat sehingga sulit untuk tetap di jalurnya dan kurang mampu beradaptasi dengan jalan.