Tuesday, September 29, 2015

Fitur Perintah Suara Ford Sync Bisa Pahami 17 Bahasa

Fitur Perintah Suara Ford Sync Bisa Pahami 17 BahasaDetroit - Fitur canggih perintah suara yang ada di mobil buatan Ford Motor Company, yakni Ford Sync, diklaim mampu mengenali dan memahami perintah suara dalam 17 bahasa dan dialeknya. Dengan pemahaman tersebut dipastikan perintah tak akan salah diterjemahkan oleh perangkat fitur tersebut.

Seperti dilaporkan Daily Mail, Rabu (30/9/2015), Ford telah melakukan penelitian dan percobaan dengan mempelajari bagaimana sopir atau pengguna mobil berbicara serta berkomunikasi dalam dialek bahasa lokal.

Para peneliti dan ahli Ford telah melakukan perjalanan ke berbagai negara untuk melakukan penelitian dan pemahaman bahasa setempat.

Para ahli itu melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, Eropa dan ke Asia. Mereka tak hanya mempelajari tetapi juga merekam perbincangan para sopir dan kemudian menyatukannya ke sistem fitur tersebut. Hasilnya, sebuah teknologi perangkat lunak yang dibuat oleh Nuance diintegrasikan ke sistem Ford Sync tersebut.

Tercatat ada 17 bahasa berikut dialek pengucapannya yang telah dengan baik dikenali oleh Ford Sync. Bahasa-bahasa itu antara lain Arab, Inggris Australia, Portugis Brasil, Prancis Kanada, Belanda, Prancis, Jerman, Italia, Mandarin, Spanyol Meksiko, Portugis, Rusia, Spanyol, Mandarin Taiwan, Turki, Inggris Britania, dan Inggris.

Perangkat lunak ini kemudian dikembangkan dengan menggunakan model-model akustik dan kamus perintah suara. Agar tak menimbulkan salah persepsi oleh sistem, pengemudi juga yang diteliti juga diminta mengulang ucapan-ucapannya sehingga dialeknya benar-benar dikenali.

"Orang-orang dikenali dengan melalui aksen, itu sebagai kunci untuk mengetahui siapa mereka sebagai pribadi, " tutur kepala insinyur Ford Eropa, Christof Kellerwessel.

"Oleh karena itu, ini merupakan cara praktis untuk memastikan bahwa Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kendaraan, dari manapun Anda berasal. Sehingga, membantu memastikan perjalanan yang lebih nyaman," imbuhnya.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment