Tuesday, September 29, 2015

Suzuki dan VW Resmi Berpisah

Suzuki dan VW Resmi BerpisahTokyo - Suzuki dan VW kini sudah benar-benar cerai. Keduanya pun sudah mengembalikan masing-masing saham yang dimiliki.

Seperti dilansir Reuters, Suzuki sudah menjual 1,5 persen saham di Volkswagen AG kepada Porsche. Berkat penjualan saham itu, Suzuki akan mencatatkan laba spesial sebesar 36,7 miliar yen.

Suzuki melepas 4,397 juta saham Volkswagen pada transaksi yang akan dilakukan 30 September besok. Dengan adanya saham tambahan dari Suzuki ini, Porsche kian menggenggam VW. Total Porsche kini akan memiliki 52,2 persen saham VW.

“Pembelian saham menunjukkan komitmen kuat kami pada investasi dan menekankan peran kami sebagai pemegang saham utama di produsen yang berbasis di Wolfsburg,” tulis Porsche dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya Suzuki juga sudah membeli kembali saham yang selama ini dimiliki VW sebanyak 19,9 persen akhir bulan lalu. Keputusan itu diambil Suzuki, setelah pengadilan arbitrase internasional menuntaskan perselisihan keduanya yang sudah berlangsung sekian lama, sejak 2009.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment