Tuesday, September 29, 2015

Trik Ketika di Jalan Ada yang Arogan

Trik Ketika di Jalan Ada yang AroganJakarta - Kondisi lalu lintas yang kacau membuat banyak orang menjadi cepat emosi. Tidak jarang, perkelahian terjadi karena sesama pengguna jalan yang sama-sama ingin menang sendiri, atau dengan kata lain arogan.

Itu bisa terjadi dikarenakan, pengendara-pengendara tersebut mungkin terburu-buru karena takut terlambat menghadiri sebuah acara, atau telat untuk ke kantor atau ke tempat kuliah dan semacamnya.

Perilaku dalam berkendara pun menjadi sangat penting agar Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan tersebut.

Sebaiknya Anda menghindari untuk tidak menjadi pengendara yang emosional. Hal ini bermanfaat agar Anda sebagai pengendara selalu selamat dan dijauhkan dari yang namanya kecelakaan di jalanan.

Ada beberapa tips untuk mengalah, mari kita simak lebih lanjut.

1. Saat dintimidasi

Tidak jarang kita menemukan pengemudi lain yang mengajak kita untuk kebut-kebutan dengan meraung-raungkan knalpot kendaraannya.

Janganlah Anda terbawa suasana untuk menyetujui ajakan negatif tersebut. Anggap saja kendaraan mereka tidak akan menang melawan kita, lebih baik berpikiran seperti itu ketimbang, mengikuti ajakan yang dilarang di jalan raya, di mana banyak pengguna jalan selain Anda.

2. Saat berakselerasi

Ketika berkendara, ada saja kendaraan lain yang mencoba untuk mendahului Anda, sebaiknya Anda mengalah dengan memberikan kesempatan baginya untuk menyusul Anda.

Jangan Anda justru semakin meningkatkan kecepatan karena tidak ingin didahului, ini bisa menyebabkan kecelakaan yang justru berakibat fatal, tidak hanya bagi Anda, tetapi terhadap pengguna lainnya.

3. Ketika ada yang ugal-ugalan

Tidak hanya satu kendaraan yang mungkin bertindak ugal-ugalan seperti ini. Terlebih kendaraan tersebut berada tepat di belakang Anda. Jangan terpengaruh untuk menambah kecepatan, jangan juga melakukan gerakan secara mendadak yang bisa membahayakan diri Anda. Tetap tenang dan mencoba memberi kesempatan untuk kendaraan tersebut mendahului Anda.

4. Dalam kecepatan tinggi

Ketika berkendara dalam kecepatan tinggi, khususnya di jalur bebas hambatan, bagi para pengguna mobil pribadi, pastikan jarak kendaraan Aman sehingga jikalau terjadi pengereman, Anda bisa mengantisipasinya.

5. Ketika mendahului

Berbeda dari point-point sebelumnya, kali ini Anda yang harus mendahului kendaraan. Pastikan di kanan atau kiri Anda tidak ada kendaraan lain sebelum Anda mendahului kendaraan di depan Anda.

Terutama di jalur dua arah, harus ekstra hati-hati ketika akan menyalip, karena potensi buruk lebih besar terjadi karena kendaraan yang datang dari arah berlawanan tersebut. Jika sudah kosong, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mendahului.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment