Monday, September 21, 2015

Gara-gara Skandal Emisi, Dua Bos VW Tak Hadir di Peluncuran VW Passat

Gara-gara Skandal Emisi, Dua Bos VW Tak Hadir di Peluncuran VW PassatNew York - Volkswagen (VW) telah terbukti memberikan data palsu mengenai emisi gas buang yang diungkapkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat atau Environmental Protection Agency (EPA). Akibatnya, dua orang petinggi VW batal menghadiri peluncuran VW Passat pekan ini.

Seperti dilansir Leftlanenews dari Automotive News, Selasa (22/9/2015), VW telah menjadwalkan peluncuran sedan Passat terbaru pekan ini di New York, Amerika Serikat. Tapi, dua orang jajaran eksekutif VW telah memilih untuk memundurkan waktu peluncuran di tengah skandal emisi yang diungkapkan EPA.

Ketua Dewan Manajemen VW, Herbert Diess beserta anggota dewan VW yang bertanggung jawab atas pengembangan teknis, Heinz-Jakob Neusser dijadwalkan untuk menghadiri acara peluncuran Passat. Namun setelah dikonfirmasi, kedua jajaran eksekutif itu membatalkan rencana untuk hadir pekan ini.

Keputusan Diess dan Neusser batal menghadiri acara peluncuran itu terkait dengan skandal emisi yang tidak memenuhi standar aturan di Amerika Serikat. CEO VW Amerika, Michael Horn juga dijadwalkan hadir di acara peluncuran. Namun sepertinya Horn enggan menjawab pertanyaan mengenai skandal emisi ini.

Seperti diberitakan detikOto sebelumnya, EPA telah menuding bahwa emisi gas buang mobil bermesin diesel dari VW dan Audi tidak memenuhi aturan emisi di Amerika Serikat. VW dan Audi menggunakan sebuah perangkat lunak yang membuat emisi kendaraan terlihat lebih bersih dibandingkan yang sebenarnya.

"Efektivitas perangkat pengendalian polusi pada kendaraan ini sangat berbeda selama semua situasi mengemudi normal. Hal ini menyebabkan mobil hanya memenuhi standar emisi di laboratorium atau stasiun pengujian. Tapi selama operasi normal memancarkan nitrogen oksida sampai dengan 40 kali dari keadaan standar," bunyi pemberitahuan EPA.

Setidaknya ada hampir 500.0000 mobil diesel di jalanan AS. Model yang terkena masalah ini adalah VW Jetta, Beetle dan Golf dari model tahun 2009 sampai 2015. Selain itu, VW Passat 2014-2015 serta Audi A3 2009-2015 juga terkena dampak skandal emisi.

Akibatnya, EPA meminta VW untuk menarik kendaraan yang terkena dampak. Pabrikan asal Jerman itu pun harus membayar denda sebesar US$ 18 miliar.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment