Monday, September 21, 2015

Marc Marquez pun Naksir Honda Africa Twin

Marc Marquez pun Naksir Honda Africa TwinJakarta - Honda kini memiliki motor adventure baru yang mengusung nama Africa Twin. Marc Marquez yang mendapat kesempatan menjajal motor adventure itu pun tertarik.

Dalam video yang diunggah di situs YouTube, Marquez memberikan sedikit kesannya mengendarai Honda Africa Twin. Motor Honda CRF1000L Africa Twin menurutnya sangat menarik untuk diajak bertualang di jalanan off-road.

"Sangat menarik, Anda bisa mempertahankan kecepatan tinggi dalam waktu yang lama, serta bekerja dengan baik di jalan-jalan besar," ujar pebalap MotoGP bernomor 93 itu.

Marquez melanjutkan, motor ini memang terlihat besar dan berat. Namun untuk melompat sangat stabil.

Maklum, motor ini mengusung mesin Unicam 8 katup parallel-twin 996cc berpendingin cairan. Tenaganya bisa mencapai 94 daya kuda pada 7.500 rpm dan torsi 98 Nm pada 6.000 rpm.

"Yang terpenting dari motor ini adalah posisi ridingnya. Motor ini sangat nyaman. Ketika saya duduk, posisinya sangat baik," katanya.

Dalam pengujian motor Honda Africa Twin ini, Marquez ditemani oleh pebalap Dakar asal Spanyol, John Barreda. Mereka mengujinya di lintasan offroad di Spanyol Utara.

Honda menawarkan Africa Twin terbaru dengan gearbox enam percepatan ringan sebagai perlengkapan standar. Motor ini menggabungkan desain yang sama seperti CRF250R/450R dengan sebuah assist slipper clutch.

Dual Clutch Transmission (DCT) disediakan sebagai tambahan opsional. Transmisi DCT terdiri dari mode manual standar dan dua fungsi otomatis.

Fungsi D pada DCR akan menyatukan efisiensi bahan bakar dengan kenyamanan berkendara. Sementara opsi S menawarkan peningkatan performa mesin.

Sietem Honda Selectable Torque Control (HSTC) juga akan tersedia pada versi ABS dan DCT. Pengendara bisa menghidupkan maupun menonaktifkan sistem tersebut sesuka hati. Di Eropa, motor khas petualang itu bakal dibanderol 12.100 euro atau sekitar Rp 180 jutaan.