Sunday, October 4, 2015

Badan Pegal Saat Nyetir? Lakukan Senam Perjalanan Seperti Ini

Badan Pegal Saat Nyetir? Lakukan Senam Perjalanan Seperti IniJakarta - Capek, pegal, dan letih, kerap kali dirasakan mungkin oleh Anda yang mengendarai mobil. Apalagi jika Anda juga jarang melakukan olahraga, badan akan semakin terasa kurang fit dan mudah capek.

Untuk mengatasi kejenuhan dan pegal selama berkendara, Anda juga bisa melakukan olahraga. Olahraga ringan yang dinamakan Senam Perjalanan ini diharapkan dapat mengurangi rasa pegal sekaligus membuat tubuh Anda tetap fit saat berkendara.

Berikut ada sejumlah tips untuk Anda melakukan senam perjalanan, dikutip dari panduan praktis berlalu lintas Korps Lalu Lintas Polri. Bisa dilakukan saat kendaraan tengah berhenti kala sedang macet atau sedang beristirahat.

1. Kencangkan perut, tekan pinggang kuat-kuat pada tempat duduk dan tarik otot ke dalam. Lakukan selama 2-3 menit. Kemudian lepaskan kembali. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

2. Kencangkan otot pantat sekuat-kuatnya, lakukan selama 2-3 detik kemudian kendurkan. Lakukan sebanyak lima kali.

3. Jalan sambil duduk. Geser berat badan Anda dari pantat kanan ke pantat kiri, gerakkan juga ke belakang dan ke depan. Lakukan selama 5-10 detik.

4. Menggerakan pinggul. Gerakkan pinggang ke depan hingga melengkung, kemudian balik gerakkan tadi. Tekan pinggang ke tempat duduk dan doronglah pinggul ke depan. Ulangi gerakkan tadi sebanyak lima kali.

5. Tarik bahu ke belakang. Kemudian coba saling menyilangkan kedua tulang belikat, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi lima kali.

6. Kencangkan otot paha selama 2-3 detik. Kemudian kembalikan posisi ke posisi semula. Ulangi sebanyak lima kali.

7. Menekan setir mobil. Peganglah setir mobil Anda pada posisi jam 3 dan jam 9. Peganglah yang kuat dan tekan ke depan. Tahan selama 3 detik, kemudian ke posisi semula. Anda dapat mengulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

8. Gerakkan kepala ke arah bahu kanan lalu kembali ke tengah. Selanjutnya gerakkan kepala ke arah bahu kiri kemudian kembali ke tengah. Lakukan sebanyak tujuh kali.

Mudah bukan untuk melakukannya? Selamat mencoba dan tetap berhati-hati selama berkendara.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment