Sunday, October 4, 2015

Transmisi Bermasalah, Honda Civic dan Jazz Ditarik

Transmisi Bermasalah, Honda Civic dan Jazz DitarikDetroit - Transmisi continuously variable transmission (CVT) pada Honda Civic dan Jazz di Amerika Serikat bermasalah. Akibatnya, 143 ribu mobil itu harus ditarik.

Dalam pernyataan Honda, Senin (5/10/2015), total kendaraan yang ditarik sebanyak 143.676 unit. Angka tersebut terdiri dari Honda Civic model tahun 2014-2015 serta Honda Jazz yang dijual di Amerika Serikat dengan nama Honda Fit model tahun 2015.

Honda menyebut, kendaraan yang terkena dampak penarikan ini memiliki software CVT yang menggunakan hidrolik bertekanan tinggi selama mode operasi tertentu. Alhasil, drive pulley shaft bisa bermasalah.

Namun, beberapa komponen selama pembuatan pulley shaft telah diproduksi dengan tingkat kekerasan yang rendah.

Jika shaft diproduksi dengan spesifikasi kekerasan yang rendah dan hidrolik bertekanan tinggi bekerja terus-menerus, hal itu bisa mengakibatkan hancurnya shaft selama penggunaan.

Kalau itu terjadi, kendaraan bisa kehilangan akselerasi atau roda depan dapat mengunci saat dikemudikan. Hal itu akan meningkatkan risiko kecelakaan.

Namun untungnya, tidak ada kecelakaan atau cedera akibat masalah ini. Transmisi yang bermasalah ini ditemukan pertama kali melalui proses klaim garansi di Amerika Serikat.

Sebagai bentuk pertanggungjawabannya, Honda akan memperbarui perangkat lunak transmisi itu tanpa memungut biaya.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment