Sunday, October 4, 2015

Muncul Desember, Ford EcoSport Terbaru Masih Ada yang Berkonde

Muncul Desember, Ford EcoSport Terbaru Masih Ada yang BerkondeJakarta/New Delhi - Ford Motor berjanji meluncurkan mini SUV Ford EcoSport versi terbaru pada Desember mendatang. Generasi anyar itu disebut mengalami ubahan pada fitur dan mesin, namun tetap menawarkan varian menggunakan roda cadangan (sphare wheel) di belakang atau berkonde dan tidak.

Seperti dilaporkan Indianautosblog, Senin (5/10/2015) adalah Managing Director Ford India, Nigel Harris yang memastikan rencana tersebut. "Anda tidak harus menunggu sampai Natal. Yang tidak terlalu lama,” kata dia.

Namun kabar yang menarik adalah, varian bermesin diesel 1.500 cc TDCi diperkirakan mampu menyemburkan tenaga hingga 100 PS. Mesin itu bahkan telah diusung oleh Ford Figo dan Aspire terbaru. Mesin ini juga diklaim irit bahan bakar dengan konsumsi 25,83 km/liter berdasar hasil uji Automotive Research Association of India (ARAI).

Selain mesin itu, Ford EcoSport juga masih menawarkan mesin bensin 1.000 cc turbocharger EcoBoost dan mesin 1.500 Ti-VCT. Penyaluran tenaga mesin ke roda menggunakan transmisi manual dual clutch enam tingkat percepatan.

Sementara untuk pasar India dan beberapa negara lain, Ford masih menawarkan varian dengan roda cadangan yang dipasang pada bagian belakang mobil. Meskim Ford juga menawarkan varian tanoa roda cadangan.

Hal itu berbeda dengan di pasar Eropa. Ford tak menawarkan EcoSsport tampa roda cadangan di belakang alias konde. Maklum di wilayah itu, mobil kecil seperti EcoSport dengan roda cadangan di belakang merupakan keanehan.

Ford kabarnya juga akan menambahkan layar sentuh 4 inci untuk melengkapi perangkat hiburan, serta fitur Ford-Sync. Tak lupa, kamera parkir, navigasi satelit juga ditanam di bagian dalam mobil tersebut. Ford juga menambah jumlah airbag, sehingga menjadi enam.

Bagaimana untuk Indonesia? Ford belum berencana untuk merilis EcoSport tanpa konde.

“Sampai saat ini, kami belum memiliki rencana untuk memasarkannya. Tentu, ada sejumlah alasan mengapa demikian? Kami telah melakukan riset internal,” papar Managing Director FMI, Bagus Susanto, di sela-sela acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu.

Beberapa fakta yang ditemukan oleh FMI, kata Bagus, memang beragam. Pada satu sisi banyak pengguna mobil SUV yang merasa enak jika mobil tanpa menggunakan konde. Tentu mereka memiliki alasan tersendiri. “Misalnya, mengikuti tren atau faktor subyektif lainnya. Kan ini selera ya,” ujarnya.

Di sisi yang lain, banyak juga yang beranggapan dan lebih sreg jika mobil SUV menggunakan ban cadangan di pintu atau konde. Alasannya, selain tampil lebih gagah dan menunjukan karakter khas sebuah SUV, juga faktor kapasitas bagasi.

“Soalnya, bagi mereka, jika ban cadangan diletakan di bagian dalam mobil, maka akan mengurangi keleluasaan di mobil, terutama bagasi. Padahal, masyarakat kita senangnya mobil yang berkabin lapang. Sebab, mereka sering bepergian bersama keluarga atau kerabat dan teman,” jelas Bagus.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment