Sunday, October 4, 2015

Cemari Udara Kotanya, Houston Tuntut VW

Cemari Udara Kotanya, Houston Tuntut VWTexas - Kota Houston, Texas, Amerika Serikat menggugat Volswagen (VW) terkait skandal emisi mobil diesel VW. Houston menuntut VW senilai US$ 100 juta atau sekira Rp 1,47 triliun karena mobil VW diklaim memuntahkan zat kimia berbahaya di udara kota Texas.

Seperti detikOto kutip dari CNN, Minggu (4/10/2015), Houston menggugat VW Group Amerika. Dikatakan, kualitas udara kota berada di bawah standar Amerika.

Pihak Houston mengatakan, kendaraan VW mengingkari peraturan emisi. Padahal, Houston sedang gencar mengupayakan udara bersih.

VW Group telah tersangkut skandal emisi gas buang dengan mobil bermesin diesel. Produsen mobil asal Jerman itu menggunakan perangkat lunak untuk menipu tes emisi dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat.

Setidaknya 11 juta kendaraan VW tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah itu, 6.000 di antaranya terjual di Houston.

"Harris County telah lama terganggu dengan kualitas udara yang buruk akibat emisi dari berbagai sumber, mulai dari indusri hingga lalu lintas kendaraan. Tindakan VW ini telah merusak upaya Harris County untuk meningkatkan kualitas udara dan melindungi warga negara kita," kata penuntut di Houston.

Masalahnya adalah nitrogen oksida yang berbahaya untuk udara dan menyebabkan masalah pernapasan. Apalagi, mobil-mobil VW memancarkan NOx 40 kali lebih tinggi dibandingkan yang dilegalkan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment