Wednesday, December 16, 2015

Honda Siapkan Kembaran Brio untuk Pasar India?

Honda Siapkan Kembaran Brio untuk Pasar India?New Delhi - Honda Motor Company tengah mempelajari kemungkinan memproduksi mobil kecil untuk pasar India. Mobil ini bakal diposisikan sebagai mobil entry level â€Â" seperti Honda Brio di Indonesia â€Â" yang akan bersaing dengan Suzuki Alton, dan Wagon R.

Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (17/12/2015), senior vice president divisi riset dan pengembangan Honda Genbetsu India, Hironao Ito, mengatakan model yang sesuai dengan kondisi pasar suatu wilayah sangat dibutuhkan. "Beberapa model spesifik untuk India diperlukan," ujarnya.

Hanya, dia tak bersedia menyebut rincian tentang mobil, jadwal produksi, maupun peluncurannya. Namun, diperkirakan mobil itu akan berupa hatchback kecil dan kemungkinan akan diekspor ke negara-negara lain.

Direktur Lembaga lonsultan otomotif IHS, Puneet Gupta memperkirakan, Honda akan meluncurkan kendaraan itu pada 2020 mendatang. Jumlah produksinya diperkirakan mencapai 150.000 unitper tahun. Dari jumlah ini, 50.000 unit diantaranya diekspor.

Adapun untuk mesinnya tetap dibuat oleh prinsipal Honda di Jepang. Sementara untuk rancang bangun eksterior dan interiornya dilakukan oleh Honda di India.

Hironao Ito mengatakan, langkah Honda untuk melakukan studi kelayakan pengembangan mobil kecil itu dipicu oleh adanya pergeseran pemikiran masyarakat dalam membeli mobil.

Saat ini, calon konsumen cenderung mencari mobil yang berbeda dengan yang ada di pasaran saat ini.Honda mengaku telah mendapatkan jaminan, 80 persen dari kebutuhan komponen yang diperlukan dari pemasok India, jika produksi itu dimulai.

"Pasar juga telah bergeser ke mobil kecil," kata Ito.




(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment