Wednesday, December 16, 2015

Tenaga Kawasaki ZX-14R Berkurang 10 Tenaga Kuda

Tenaga Kawasaki ZX-14R Berkurang 10 Tenaga KudaNew York - Beberapa tahun terakhir, Kawasaki mengunggulkan tenaga dari ZX-14R. Namun, kabar terbaru menyebut, tenaga motor itu akan berkurang untuk memenuhi standar emisi.

Dilansir Visordown, Kamis (17/12/2015), Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) menyatakan, semua mobil dan motor harus memenuhi aturan emisi. Hal itu juga termasuk tenaga yang diukur.

ZX-14R adalah salah satu motor yang belum memenuhi standar emisi. Untuk itu, motor ini harus dituning lagi dan tenaga yang sebesar 210,7 daya kuda harus dikurangi.

Kini, angka itu menurun menjadi 199,9 daya kuda. Namun, tenaga yang berkurang itu baru berlaku di Amerika Serikat. Belum diketahui apakah ZX-14R untuk semua negara juga akan berkurang tenaganya.

Meski begitu, diperkirakan ZX-14R untuk pasar Eropa. Sebab, motor-motor di Eropa juga harus memenuhi standar emisi Euro6, jadi daya akan turun juga di sana.

Data uji EPA terbaru menunjukkan, Kawasaki ZX-14R memiliki versi baru dari mesin 1.441cc dengan katalis tiga arah. Seiring dengan daya puncak, emisi karbon monoksida juga berkurang.

Kawasaki mengklaim, performa motor ini tidak berkurang. Hanya, tenaganya turun 10 daya kuda.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment