Monday, June 20, 2016

Jeep Grand Cherokee yang Dikendarai Anthon Yelchin Kena Masalah

Jeep Grand Cherokee yang Dikendarai Anthon Yelchin Kena MasalahCalifornia - Bintang film Star Trek, Anton Yelchin tewas dalam kejadian yang mengenaskan. Jeep Grand Cherokee yang ditungganginya secara tiba-tiba bergerak mundur dan mengimpitnya ke gerbang halaman rumah.

Petugas kepolisian menyebutkan kondisi mobil saat diparkir berada dalam posisi netral. Aktor berusia 27 tahun itu tengah keluar mobil dan secara tiba-tiba mobil bergerak mundur. Ia langsung terimpit mobil dan tewas di lokasi kejadian.

Atas kejadian tersebut, Fiat Chrsyler selaku pemegang merek Jeep mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga Anthon Yelchin. Mereka pun akan segera melakukan investigasi untuk melihat penyebab terjadinya kejadian tersebut.

"FCA mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga dan sahabat Anthon Yelchin," ucap FCA dilansir CNN, Selasa (21/6/2016).

Jeep Grand Cherokee yang dikendarai Anthon Yelchin masuk ke salah satu dari 1,1 juta unit mobil yang masuk dalam daftar tarikan Fiat Chrysler pada April lalu.

Pemilik mobil belum mendapatkan pengumuman resmi soal recall, namun mereka sudah diperingatkan Jeep agar memastikan kendaraan mereka direm parkir sebelum keluar dari kendaraan.

Lebih dari 100 kecelakaan terjadi dilaporkan akibat kekacauan pada tuas transmisi yang menyebabkan kekacauan meski mobil tengah diparkir.

Untuk menyelesaikan masalah, pihak Fiat Chrysler berencana untuk mengganti cara gigi bekerja, meningkatkan peringatan dan memodifikasi setingan di transmisi jadi kendaraan tidak akan bergerak saat tengah diparkir dalam kondisi tertentu.

Transmisi Grand Cherokee ini tergolong baru, tidak seperti transmisi otomatis biasa yang posisi tuas berada atas untuk P, atau di bawah untuk D (Drive), di Grand Cherokee, tuas park, netral, atau drive, transmisi tersebut selalu kembali ke posisi lurus setelah pengemudi mengganti gigi. Hanya ada lampu indikator yang memperlihatkan posisi gigi. Jika pengendara keluar dari mobilnya dan ternyata menempatkan tuas dalam netral, mobil bisa nyelonong.

Tapi pada kasus Yelchin, FCA merasa masih terlalu dini untuk menyimpulkan kalau penyebabnya adalah soal transmisi tadi. Yang pasti mereka akan melakukan investigasi secara menyeluruh.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment